Sabtu, 04 Agustus 2018

Mengejar Oppa-Oppa: Pengalaman Nonton Konser GOT7 Eyes on You Concert 2018 Pertama Kali & Ikut Trip Konser Kpop dari Malang

"Mumpung masih muda, do whatever you want!"

Bukan sekali dua kali aku dapat nasehat serupa dari keluarga hingga temen kerja. Kalau dilogika sih emang gak salah, secara aku belum berkeluarga dan masih belum  tanggungan apa-apa plus kondisi fisik masih prima kalau mau dibawa jalan kemana aja. Karena itulah aku memutuskan untuk melakukan wishlist-wishlistku mumpung aku masih bisa. Dan salah satu wishlistku adalah nonton konser my ultimate boy group, GOT7.

Konser GOT7 di Jakarta
suasana Eyes on You in Jakarta sesaat sebelum mulai
READ MORE

Sebenarnya niat untuk bertemu GOT7 sudah ada sejak fanmeeting pertama mereka di Jakarta. Apalagi saat itu pihak promotor (sepertinya) memberi promo buy 1 get 1 free untuk beberapa kategori tiket. Ahgase mana yang gak ngiler coba? Tapi apa daya, dua fanmeeting diadakan dan aku masih belum bisa datang karena restu orang tua. Akhirnya di akhir tahun kemarin aku sempat mbatin kalau di 2018 GOT7 datang ke Indonesia  aku pasti akan usahain dateng. Dan akhirnya sebuah kabar gembira pun datang. Mereka ngadain konser di Jakarta tanggal 30 Juni 2018, dengan judul Eyes On You.

THERE WAS F*IN JAKARTA ON THE LIST!!!!

Tapi muncul lagi kegalauan karena di tahun ini aku ada rencana untuk resign dari pekerjaanku (saat itu). Tiket konser band internasional macem GOT7 ini pastinya gak bisa dibilang murah. Belum lagi biaya transport dari kaki gunung Arjuno sampai ke ICE BSD sana juga gak main-main. Tapi seperti dibukakan jalan sama Yang Di Atas, tiba-tiba datanglah proyek freelancing yang long term dan duitnya lumayan banget. Tanpa pikir lagi aku langsung pesan tiket konsernya, walaupun belum bisa beli tiket yang bagian paling depan gara-gara kehabisan T.T.

Berhubung sebelumnya aku belum pernah ke Tangerang sendirian dan aku termasuk orang yang gak well-traveled, aku sempat bingung soal transportasi sama akomodasinya. Ditambah lagi, saat itu aku bener-bener gak punta temen yang bisa diajak nonton. Sebenernya sih di Malang ada komunitas IGOT7/ Ahgase (julukan fansnya GOT7), tapi aku sendiri gak ikut grupnya jadi ya practically I had no one to share this interest.

Jadi sebagai jalan terakhir aku nekad nyari barengan di beberapa grup Facebook  Ahgase yang ada di Facebook. Okay, this is really risky actually because you don't know who you'll meet online. Untungnya aku ketemu sama anak ahgase Malang yang menyarankan aku untuk ikut salah satu Kpop Concert trip yang emang base-nya  di Malang. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya aku pun memutuskan untuk ikut trip itu karena hanya dengan 750
aku sudah terima beres untuk masalah akomodasi dan transportasi, plus aku bisa ketemu dengan temen-temen IGOT7 lainnya.

D-2

Dua hari sebelum hari H, rombongan kami bertolak dari Stasiun Kota Baru Malang menuju Stasiun Pasar Senen menggunakan kereta Majapahit. Well,  sebenarnya kami hanya berjumlah empat orang (3 anggota tur plus satu "tour leader"nya ) karena memang fanbase GOT7 ini gak segede dan serame EXO atau Wanna One. FYI, planning awal kami sih naik kereta Matarmaja tapi karena  tanggalnya masih termasuk arus balik jadi kami kehabisan tiket dan harus naik kereta Majapahit yang harganya lebih tinggi.

D-1

Keesokan harinya, sekitar jam setengah sebelas pagi keesokan harinya, kami sampai di Stasiun Senen dan langsung melanjutkan perjalanan naik KRL menuju ke Serpong. Saat itu juga pertama kalinya aku naik KRL loh, dan seru jua ya ternyata wkwkwkwk *maklum di kaki gunung Arjuno mana ada KRL*. Sampai di Serpong kami langsung ke guest house yang ada di daerah Villa Melati Mas naik Grab.

Ada cerita konyol bin memalukan waktu aku baru nyampe di guest house. Jadi waktu habis mandi setelah perjalanan panjang ada  yang ngetuk pintu kamarku. Tapi waktu kubuka pintunya gak ada orang di luar, otomatis dong aku melongok ke luar dan ternyata...

DOR!!

Si Cece Tour leader ngagetin aku dengan muncul tiba-tiba. Saking kagetnya aku sampe bikin gagang pintu kamar sampe copot. Sial, malu banget!!! Untungnya abang yang jaga baik hati ngebenerin pintunya.

Oke skip-skip! Setelah kami mandi dan segala macem, kami langsung berangkat nukerin tiket di venue biar gak terlalu antri. Benar dugaan kami, gak sampe satu menit tiket fisik sudah sampai di tangan~

GOT7 Ticket concert Eyes on You
Finally! Tiket konser ada dalam genggaman.

Jadi ini bisa jadi tips juga, kalau kalian punya spare time mending tukar tiket fisiknya sebelum Hari H daripada buang waktu buat antri.

Rugi dong jauh-jauh ke daerah BSD kalau cuma buat tuker tiket doang, jadi kami lanjut jalan-jalan ke AEON Mall yang letaknya gak jauh dari situ. Eitss meski gak terlalu jauh, lumayan kerasa juga jaraknya kalau dipakai jalan kaki tapi juga nanggung banget kalau naik taksi online. Thankfully, ternyata ada shuttle bus G R A T I S   yang siap mengantar kita dari ICE ke AEON Mall, asik gak tuh?  Busnya terhitung bagus pake banget untuk ukuran bus Indonesia. Saking bagusnya waktu aku nge-story di bus ini temen-temenku pada ngira aku lagi di luar negeri lol!! So, terima kasih buat Mbak-mbak frontliner yang ada di ICE karena udah ngasih tahu tentang bis ini karena kalo gak mungkin kakiku udah bengkak gara-gara jalan dari ICE ke AEON.

Suasana dalam shuttle bus ICE - AEON -Breeze, rapi banget dan sepi kan? Berasa bus kayak punya pribadi.

D DAY

Meski acaranya baru dimulai abis maghrib, kami udah siap-siap dari sekitar jam 9 pagi buat berangkat. Iya bener jam 9 pagi, gila ga tuh? Open gatenya sekitar jam 10 (kalo gak salah), tapi tetep aja sih it was really crazy! Bayangin kita harus ngentang seharian cuma buat acara yang durasinya cuma dua jam!! Bahkan si bapak driver Grab geleng-geleng kepala waktu denger kita berempat dateng pagi-pagi buat konser yang bahkan mulainya abis Maghrib.

Sampai di venue udah banyak banget Ahgase yang dateng dengan atribut ijo-ijo. Sambil nunggu open gate, duduk-duduk cantik di pelataran venue. Kebetulan salah satu dari kami bagi-bagi freebies, lumayanlah kita nungguin IGOT7 lain ambil freebies daripada gabut.

Sekitar jam setengah dua belas salah satu dari kami harus masuk duluan karena dia dapet package khusus yang bisa dapet Hi Touch sama para member GOT7 plus dapet fast track (bikin sirik gak tuh T.T).  Ya sudalah daripada terlalu ngentang, aku sama satu temanku yang lain untuk ikut masuk venue juga. Sayangnya kami dapet tiket di kategori yang beda jadi mau gak mau harus misah.

GOT7 Eyes on You in Jakarta
Ngatri di jalur kategori Blue B sendirian dan pas masih sepi-sepinya~

Jadi begitu masuk venue kita harus antri (lagi) untuk urutan masuk ke hallnya. Begitu aku lihat antrian kategoriku (Blue B) rasanya bahagiaaaaaaa~~~ Kenapa? Soalnya antriannya masih dikit banget, jadi kemungkinan besar aku nempel pager masih ada, wkwkwkw. Oh iya, kalau masuk venue kita tidak diperbolehkan bawa makanan minuman. But no worries, karena panitia menyediakan beberapa booth makanan dan minuman meski harganya jauh lebih mahal daripada di luar area.

Another tips, kalian bisa pakai toilet sesering mungkin tapi jauh sebelum jam acaranya dimulai karena kalau gak antrian kalian bisa "digusur" sama orang lain. Kalau bisa jangan minum atau makan saat dua jam sebelum konser mulai biar gak beser atau kebelet pup.
Sekitar jam 5 antrian diperbolehkan masuk dan aku dapat tempat yang lumayan deket panggung. Ureshii to the max!!! Setelah menunggu beberapa saat lagu intro, Hard Carry Remix Versionpun diputar dan  rasanya gak karuan. Rasa senang campur rasa gak percaya because GOT7 was right in front of my eyes!!

Setelah membawakan beberapa lagu ada talk session juga. Hebatnya banyak fans Indo yang mudeng  omongan mereka bahkan sebelum penerjemahnya selesai menerjemahkan.

JB Bambam Jinyoung Yugyeom on Eyes on You Concert in Jakarta
salah satu talk session mereka. Jaraknya lumayan deket banget gillaaaaakkkk!!!

Perfomance mereka pun dilanjutkan kembali dengan beberapa lagu hits mereka. Oh iya, berhubung biasku itu Park Jinyoung , jadi harap maklum ya kalau banyak fotonya yang fokusnya ke Babang Jinyoung tersayang~

Salah satu sajian spesial di konser Eyes On You ini mereka menampilkan "drama" musikal yang dikombinasi dengan animasi a la webtoon yang populer saat ini. Yang lebih menarik lagi, ide cerita drama musikal ini salah satunya berasal dari Jinyoung loh. Gak salah toh aku milih bias?

jinson moment got7
Jinson moment waktu Jackson ngelihatin Jinyoung duit mainan yang ada gambar Jackson botak.

Tak ketinggalan juga perform unit mereka yang aku tunggu-tunggu, khususnya unit JinBam yang ngebawain lagu King. Pakaian  Jinyoung di lagu ini bener-bener a perfect description of a PERFECTION!

Di penghujung acara mas-mas dan dedek-dedek GOT7 sempet nyepik para Ahagase pakai bahasa Indonesia. Bikin meleleh jangan~

Set list penampilan di Jakarta ini ditutup dengan lagu-lagu mereka yang up beat, salah satunya Higher yang bikin penonton loncat-loncat alay kegirangan.

Puas  Selama dua jam dimanjakan visual dan lagu-lagu dari GOT7 akhirnya dengan tak rela aku meninggalkan venue. Sebelum pulang aku sempetin beli "oleh-oleh" di depan tempat konser.

Konser Eyes on You GOT7
Sebenernya ini oleh-oleh yang dapat gratisan, yang beli sendiri ada buanyakkk.

Biasanya sih, merch-merch yang dijual habis konser itu harganya miring banget dibanding waktu sebelum konser. Jadi kalau beli merchandise apapun itu mending beli habis konser dan jangan lupa tetep nawar ya!

Berhubung konser GOT7 ini rencanya adalah "hadiah" sebelum aku pensiun dunia per-ahgase-an tahun depan. Jadi kecil banget kemungkinan aku bakal liat mereka lagi secara live *gak tahu lagi deh ya kalau akunya gak jadi pensiun tahun depan wkwkwkw*

Foto dulu dong sebelum masuk venue.

Untuk kalian yang masih belum keturutan nonton konser bias secara langsung, semoga kalian dimudahkan biar bisa ketemu idol favorit kalian. Rencananya sih aku juga bakal sharing tentang caranya biar bisa nonton artis Kpop favorit kita secara langsung plus hal-hal apa aja yang perlu dibawa ketika nonton konser, jadi tunggu tulisanku selanjutnya ya~