Follow me!!

Thursday, 26 May 2016

Toyama (富山) : A Humble Nature Masterpiece of Japan


Apa kalian benci jalan-jalan ke Jepang?
Kalian gak mau ngelihat jalur pegunungan bersalju di musim panas?
Kalian gak suka liburan santai sambil menyantap 'pizza sushi'?
Kalian gak pingin meyambangi desa bersejarah yang masuk daftar World Heritage UNESCO?
Kalian ogah ke air terjun tertinggi di Jepang?
Kalian enggan mencicipi beras kualitas terbaik di Jepang?
Kalian gak minat nikmatin keindahan laut dan pegunungan dalam satu daerah?

Kalau begitu JANGAN KE TOYAMA!!

 Karena tempat ini segala macam destinasi wisata keren, apalagi segala hal yang ada di list di atas.


Emang apa itu Toyama?? Di mana  itu Toyama?
Credit: maps.google.com


Toyama (富山県) adalah nama sebuah prefektur di Jepang yang berlokasi di Pulau Honshu dan beribukata di Kota Toyama. Tempatnya sendiri terletak di pinggiran pantai Laut Jepang/ Laut Timur. Jadi jangan heran kalau di sini ada beragam jenis ikan melimpah ruah. Selain itu, listrik di daerah ini juga murah karena banyak PLTA yang memanfaatkan sumber daya airnya.

Toyama memang belum seterkenal Tokyo yang sering jadi tempat jujukan wisata. Tapi percaya deh, tempat yang satu ini punya segudang hal yang gak kalah dengan destinasi wisata lain di Jepang.

Emang Toyama punya apa sih? 

Prefektur Toyama ini unik banget, karena gak cuma punya kekayaan alam di wilayah perairan tapi  keindahan alam di daerah pegunungannya jadi andalan. Jadi tempat ini harus banget untuk dimasukkan ke list kalian jika pergi travelling ke Jepang, khususnya di saat musim panas. Nah biar lebih jelas, aku jabarkan  beberapa list a-must-visit-place beserta event musim panas yang di Toyama.

-| T A T E Y A M A |-
[立山]

Tateyama Kurobe Alpine Route (立山黒部アルペンルート)
credit: http://foreign.info-toyama.com

Tempat ini adalah salah satu jagoan wisata dari prefektur Toyama ini, gimana enggak? Sejauh mata memandang kita akan dimanjakan dengan tumpukan salju abadi bak di pegunungan Alpen Swiss. Jadi kita gak perlu jauh-jauh ke Swiss untuk menikmati pemandangan ala Alpen ini! Selain itu jika kita beruntung, kita bisa neglihat salju di musim panas. WoW!!

Yuki no Ootani (雪の大谷)
credit: flickriver.com
Nama tempat ini bisa diartikan sebagai ngarai salju karena sepanjang perjalanan di kanan kiri jalan kita akan disuguhi dinding salju yang menjulang, membuat kita seakan-akan berada di dasar ngarai yang terbuat dari salju. Spot keren yang buat foto-foto ini juga masih merupakan bagian dari Tateyama Kurobe Alpine Road.

Air Terjun Shomyo (Shomyo Falls/ 称名滝)
credit: www.japanhoppers.com
Tahukah kalian kalau Air terjun Shomyo / Shomyo Falls ini merupakan air terjun tertinggi di Jepang? Di samping itu, air terjun ini ternyata terdiri dari empat tingkat air terjun yang lebih kecil dengan ketinggian berbeda. Pada awal musim panas, debit air di Shoumyou-daki  akan meningkat karena salju di gunung Tate akan mencair.
-| K U R O B E  |-
[黒部市]

Waduk Kurobe (Kurobe Dam /黒部ダム )
Waduk yang juga memiliki nama Kuroyon Dam ini mampu mengahasilkan listrik sebesar 335 Mega Watt. Selain menjadi menjadi pembangkit listrik bertenaga air, waduk ini juga sangat populer karena dikelilingi landscape pegunungan yang sangat indah. Untuk mencapai ke sini, kita bisa mnaiki Kurobe Gorge Railway.

Ngarai Kurobe (Kurobe Gorge/ 黒部渓谷)

credit: foreign.info-toyama.com
Di bawah Waduk Kurobe  terdapat surga tersembunyi yang bernama Kurobe Gorge (Ngarai Kurobe). Untuk mencapai ke tempat ini, kita harus menaiki kereta yang melalui Kurobe Gorge Railway. Di sepanjang perjalanan, kita akan dibuat terkesima oleh pemandangan pepohohonan yang cantik dan rimbun serta aliran Sungai Kurobe yang jernih. Setidaknya, ada tiga landmark  yang dilalui Kurobe Gorge Railway, yang diantaranya Shin-Yamabiko Bridge, Babadan Onsen, dan Atobiki Bridge. Ketiga landmark tersebut dikenal dengan pemandangannya yang pas untuk difoto.

-| T O Y A M A  |-
[富山市]
Hah? Toyama?? Eitss... jangan bingung dulu karena kota ini memang punya nama yang sama ngeplek  dengan nama prefekturnya. Selain itu, kota ini juga merupakan ibukota dari prefektur Toyama. Dulunya kota ini pernah hancur lebur karena bom yang diterjunkan oleh Amerika pada malam tanggal 1-2 Agustus 1945. Meskipun begitu, kini kota ini telah bangkit dan bahkan punya destinasi wisata yang menakjubkan seperti di bawah ini. 

Teluk Toyama (Toyama Bay/ 富山湾)
credit: http://jpninfo.com/
Teluk yang memisahkan daerah Toyama dan Ishikawa ini menyimpan bermacam-macam keanekaragaman hayati bawah laut.  Musim panas (Juli-Agustus) adalah puncak di mana ikan-ikan akan melimpah ruah. Bahkan di teluk ini terdapat Giant Squid yang besarnya mencapai 3.7 meter. WOW!!  Tak hanya itu, saat musim dingin  kita bisa melihat keajaiban alam yaitu firefly squid  yang berbondong-bondong datang ke Teluk Toyama untuk bertelur.

Kastil Toyama (Toyama Castle/ 富山城)
Credit: wallpaperandphoto.com
Kastil yang juga punya nama lain Azumi Jou ini merupakan peninggalan seorang samuarai Sassa Narimasa. Paska Perang Dunia II, kastil ini direnovasi menggunakan bahan bangunan yang lebih modern. Sekarang kastil bersejarah ini digunakan sebagai Toyama Local History Museum yang memiliki beragam koleksi perlengkapan upacara minum teh serta barang antik lainnya

Sungai Matsukawa (Matsukawa River)
Credit: matsukawa-cruise.jp
Sungai yang membentang di jantung Kota Toyama ini mempunyai pemandangan yang membuat mata terbelalak karena keelokannya.Apalagi, pemandangan di sungai ini akan berganti-ganti sesuai dengan musimnya. Para turis bisa mengarungi sungai ini dengan menaiki kapal yang sudah disiapkan. Untuk info lebih detailnya kalian bisa melihatnya di sini.



-| N A N T O  |-

Desa Gokayama (Gokayama Village/ 五箇山)
credit: athba.net
Jika kalian ingin melihat jepang tempo dulu maka tempat satu ini wajib hukumnya bagi para pelancong. Desa ini terkenal bangunannya yang beraksiteturkan gasshō-zukuri (合掌造り), atau konstruksi atap jerami menyerupai tangan yang sedang berdoa. Atap dengan model yang seperti ini bertujuan untuk menahan salju tebal ketika musim dingin. Desa ini memang terlihat kuno karena letaknya yang memang sulit diakses hingga  terlambat dijangkau oleh modernisasi. Namun, karena desa ini yang keunikannya, desa ini dimasukkan ke dalam daftar Warisan Dunia oleh UNESCO (UNESCO World Heritage List)
Kuil Betsuin Zuisenji (Betsuin Zuisenji Temple/ )
Credit: japaninfo.com

Daerah Inami, Nanto terkenal dengan kerajinan ukiran dan pahatan kayunya. Namun, awal mula kelahiran woodcarving di daerah ini berasan dari Kuil Betsuin Zuisenji ini. Kuil Buddha ini dibuka pada era Eitoku. Di tahun-tahun setelahnya para pengerajin dan pemahat kayu di daerah ini dikerahkan untuk menghias arsitektur bangunan ini. Uniknya, di seluruh bangunan ini bisa kita dapati berbagai ukiran hingga di signpostnya.

-| M A K A N A N   K H A S |-

Setelah berkeliling ke tempat wisatanya, tentu gak akan lengkap jika kita gak mencicipi makanan khas daerah Toyama. Apalagi prefektur ini terkenal punya banyak jenis seafood yang lezat dan beras dengan kualitas terbaik di Jepang.

Masuzushi
Credit: www.ironmegane.com
Pernah ngerasain 'pizza sushi'? This thing is real in Toyama!! Pressed sushi yang berlapis ikan trout ini umumnya mempunyai bentuk yang bundar dan disajikan dalam juring-juring mirip dengan pizza. Sushi ini pas banget untuk dibawa jalan-jalan karena bentuknya yang praktis dan rasanya yang unik.

Unazuki Tofu Pudding
credit: foreign.info-toyama.com

Pernah ngerasain pudding susu yang beken belakangan ini? Daerah Toyama juga punya pudding susu tapi terbuat dari susu kedelai. Bahan kedelainya pun dipilih dari kedelai lokal dengan kualitas terbaik serta airnya pun dipilih dari yang terbaik di daerah Kurobe, jadi rasanya jangan ditanya lagi

Firefly Squid
credit: ana-cooljapan.com
Kalau hidangan satu ini dijamin susah dicari di tempat lain, karena firefly squid  (hotaru ika) ini hanya ada di Teluk Toyama pada bulan-bulan tertentu. Biasanya cumi-cumi ini dihidangkan dengan cuka dan miso. Cita rasanya yang segar dijamin bikin ketagihan!

-| F E S T I V A L  |-

Selain mencicipi kulinernya, mampir ke Jepang rasanya kurang afdol kalo gak sekalian ikut dalam kseruan festival budaya yang ada. Nah, musim panas itu adalah gudangnya festival-festival budaya seru. Toyama juga punya sederetan festival yang harus kamu nikmatin saat musim panas, diantaranya adalah....

Kitanippon Shimbun Toyama Summer Fireworks Festival
credit: http://foreign.info-toyama.com/
Fireworks festival itu wajib deh hukumnya kalau summer di Jepang. Tapi yang spesial dari festival yang dihelat di dekat Jembatan Arisawa ini adalah event fireworks festival terbesar di seluruh Toyama. Ada sekitar 3000 kembang api dilepaskan tiap tanggal 1 Agustus, yang juga sebagai lambang pengharapan akan kedamaian.

Toide Tanabata Festival
credit: http://foreign.info-toyama.com/
Di bulan Juli, daeraha Toide akan dipenuhi oleh hiasan lampion-lampion cantik untuk merayakan festival Tanabata. Bahkan saking indahnya, ada yang bilang kalau festival Tanabata di Toide salah satu yanng TERBAIK di Jepang.

Tatemon Festival
credit: www.info-toyama.com
Festival yang dihelat Uozu ini melarungkan lampion-lampion yang disusun bertingkat menyerupai layar kapal berbentuk segitiga, Tujuan dari pfestival ini agar para nelayan mendapatkan ikan yang berlimpah ruah dan keselamatan dari dewa. Ribuan lampion yang menyinari langit malam musim panas siap membuat mata kita terbelalak
 -| A K S E S   |-
credit: http://foreign.info-toyama.com/
Karena Toyama masih berada di pusat Jepang, aksesnya cukup mudah dan kalian tinggal pilih mau naik apa.

  1. Hokuriku Shinkansen dari Tokyo, hanya makan waktu 2 jam 8 menit
  2. Naik JR Lines dari kota-kota sekitar (tertera pada peta di atas)
  3. Pesawat  dari Bandara Haneda ke  Bandara Toyama, hanya makan waktu 55 menit
Itu caranya kalau kalian pergi ke Toyama dari daerah domestik. Lalu kalau dari Indonesia? Ribet ya??
.....jawabannya  SAMA SEKALI GAK RIBET KARENA ADA H.I.S Indonesia !

Facebook HIS: https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia  

Apa itu H.I.S?? H.I.S adalah agensi travel yang memberikan pelayanan untuk kita yang ingin wisata ke Jepang. Gak cuma itu, H.I.S juga siap menangani perjalanan individual ataupun group tour. Destinasi wisata yang ditawarkan jga gak terbatas pada Tokyo, tapi juga Toyama, Osaka, Nikko, Fukuoka, Fuji-san, Nagoya, Hokkaido, hingga Hiroshima.

Memang kenapa harus H.I.S? Agen lain juga banyak??
Karena HIS punya banyak sekali keuntungan yang diantaranya adalah:
  1. Banyak produk wisata yang ditawarkan, mulai dari Individual dan Group tour,  tiket penerbangan, hotel, tiket tempat wisata, sewa WiFi, pembelian JR Pas, Optional Tour, hingga Airport transfer.
  2. Banyak cabangnya, yang artinya semakin mudah kita mendapatkan informasi. Kini, sudah ada sebelas cabang yang tersebar di lima kota di seluruh Indonesia yaitu Jakarta, Bali, Surabaya, Jogjakarta, dan Bandung.
  3. Kenyamanan dan keamanan servis, H.I.S memberikan support terbaik dari saat reservasi hingga sampai kembali ke rumah
  4. Harga terbaik langsung dari luar negeri, cabang H.I.S juga tersebar di luar negeri jadi agensi ini bisa dapat penawaran harga terbaik untuk akomodasi hotelnya
  5. Terbaik dalam Individual tour, karena H.I.S siap menyediakan dan menangani segala macam tur sesuai keinginan kita. H.I.S bisa menyediakan dan mengatur tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang kita butuhkan termasuk VISA! Intinya kita tinggal terima beres deh!
  6. Dukungan global Network  yang memudahkan kita untuk melakukan reservasi, perjalanan, hingga kita pulang ke rumah.
  7. Unggul dalam perjalanan ke Jepang karena H.I.S. memiliki 273 cabang di Jepang, Anda dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri.
Hebatnya lagi, H.I.S telah terintegrasi dengan ANA dalam HAnavi. HAnavi ini adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. Dengan menggunakan HAnavi kita dapat paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.

Info mengenai Hanavi: Link: http://his-travel.co.id/japan-tour-hanavi 

Sebagai wisatawan asing, umumnya kita hampir gak ngerti apa-apa tentang Jepang.Nah, oleh karena itu HAnavi hadir dan memberikan penwaran terbaik serta berbaga keuntungan yang menarik yang diantaranya adalah:

Info mengenai Hanavi: Link: http://his-travel.co.id/japan-tour-hanavi 
Hmmmm.... sudah kebayang 'kan serunya liburan ke Jepang dengan  H.I.S dan HAnavi??
Jadi tunggu apalagi? Buat kalian yang berniat wisata ke Jepang, gak perlu cemas ataupun ribet!
Cukup percayakan sama H.I.S dan HAnavi !!
Apalagi, H.I.S sedang mengadakan kompetisi menulis blog yang berhadiah summer trip ke Jepang!!!
Info lebih lengkapnya silakan klik banner di bawah ini~

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition
Thank you for reading this lenghty post, I hope you can find it useful~



2 comments :

  1. wahhh jadi pengen kesana. pengen ketemu salju):

    btw gudlak ya!:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sama aku juga penasaran sama salju abadinya:D
      Makasih ya Gadis~

      Delete

write your comment here :D