Follow me!!

Sunday, 14 June 2015

Tempat Magang untuk Jurusan Sastra Inggris (atau jurusan sastra lainnya)



tempat magang sastra inggris
credit: http://www.mmbarcoding.com/


Mungkin bagi kalian mahasiswa Sastra Inggris atau mahasiswa sastra lainnya ada yang merasa, “Aku kuliah di jurusan ini gunannya apa ya?” atau “Nanti kamu kerja jadi apa?”. Pertanyaan itu juga aku tanyain ketika kuliah sudah masuk semester-semester pertengahan. Pertanyaan tambahan pun muncul ketik memasuki masa-masa pra –magang, “Kerjaan apa ya yang nyambung sama jurusanku?”. Mungkin akan banyak orang yang bakal menjawabnya di translation. Emang sih,  jadi penerjemah itu profesi dimana kita bisa menerapkan ilmu-ilmu yang kita pelajari selama kuliah. Tapi beberapa orang mungkin gak cocok dengan sistem kerja penerjemah yang selalu dideadline.  Selain itu, cari tempat magang untuk anak sastra Inggris juga gak semudah anak-anak dari jurusan ekonomi atau psikologi.

Nah, kali ini aku akan ngasih beberapa inspirasi untuk kalian para mahasiswa sastra inggris, sastra Indonesia, sastra Jepang, sastra Perancis, sastra Jerman, sastra Mandarin, atau sastra-sastra lainnya yang sedang mencari tempat magang. Semuanya aku rangkum berdasarkan pengalamanku ketika hunting informasi tempat magang.

READ MORE>>>>



1.  Kementrian Luar Negeri
Berdasarkan pengalaman beberapa kenalanku, magang di tempat ini termasuk susah-susah gampang Karena first come first served. Oleh karena itu jika kalian mau melamar, hubungi departemen yang bersangkutan dahulu apakah ada lowongan atau tidak. Info lebih lengkapnya bisa kalian lihat di Program Magang Kemlu. Oiya, mahasiswa magang di sini akan bekerja secara sukarela alias tanpa renumerasi, tapi asyiknya kalian bisa "nyuri" info dan berita yang lagi hot-hotnya tentang negara yang bersangkutan

2. Kedutaan Besar & Konsulat Jendral
Hampir sama seperti magang di kemlu, kalian bisa cari tahu info terlebih dahulu mengenai ketersediaan lowongan departemen yang berhubungan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan liat di web negara-negara yang bersangkutan.

3. Balai Bahasa Provinsi
Dari pengalaman teman-temanku kalian bisa bekerja sebagai penerjemah atau mengumpulkan kliping dari koran-koran. Saat ini, ada 20 Balai Bahasa yang tersebar di Indonesia. Untuk info lebih lanjut mengenai Balai Bahasa langsung aja ke sini.

4. Branding/ Advertising Company.
Jujur, aku nyesel banget ga nyoba untuk masukin proposal ke branding company, dimana aku bisa belajar banyak tentang dunia periklanan (which is yang lagi aku minati saat ini). Di sini kalian para calon sarjana sastra yang suka mengotak-atik kata bisa belajar copywriting. Perusahaan yang bergerak di bidang ini juga banyak tersebar di kota-kota seluruh Indonesia.

5. Translation Agency / Agen Penerjemah
Nah, kalo ini sepertinya mahasiswa sastra pasti udah tahu kerjanya apa dan bagaimana. Kerjaan ini cocok buat kalian yang tetep ayem dikejar tenggat waktu atau yang betah di dalam rumah. Jumlah penyedia jasa di bidang ini juga banyak banget, jadi gak perlu bingung-bingung milih dimana.

6.  Hotel dan Tempat Pariwisata
Biasanya anak-anak sastra ditempatkan di bagian Humas/ PR dan juga marketing. Di sini kalian akan tahu banyak tentang hospitality. Kadang pula kalian bisa ditempatkan di bagian lain yang benar-benar menuntut kalian untuk keluar dari zona nyaman. Shift kerjanya pun mungkin dirolling, jadi jangan heran kalau kalian kerja malam-malam.

7. Dinas Pariwisata Kota atau Bagian Humas & Protokol Kota
Dinas seringkali dibikin last resort  buat para internship-hunters kalau gak dapat tempat magang di tempat lain. Magang di dinas pun untung-untungan, bisa jadi kalian bener-bener kerja (which is good karena kita bisa dapet banyak pengalaman) atau malah gabut dan kerjanya cuma bikin kopi dan fotokopi. Untuk itu kalian kudu proaktif dan pinter-pinter cari kerjaan. Aku sendiri sedang magang di Dinas Pariwisata Kota Batu. Alhamdulillah dapet kerjaan yang fun dan gak gabut. Sayangnya, untuk magang di Dinas atau pun Unit Kerja Pemerintahan lainnya kalian harus ngurus surat ini-itu ke Kesbangpol yang kadang makan waktu lama,

8.  Portal Berita/ Media Online
Job desc magang di tempat ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Untuk anak sastra, pekerjaan yang lumayan nyambung adalah jadi content writer atau social media executive. Kerjanya pun bisa jadi di kantor atau malah di  rumah (content writer). Informasi tentang vacant positions bisa kalian lihat dibagian career/karir yang ada di laman masing-masing. (e.g Kompas.com, Kapanlagi.com)

9. Koran, Majalah, atau Tabloid
Di sini kalian bisa apply untuk bagian kontributor atau asisten editor. Kerjaan di tempat ini cocok bagi kalian yang punya passion di bidang menulis dan buat kalian yang update info-info terbaru.

10. Lembaga Pelatihan TKI/TKW
Ilmu dan pengetahuan yang kalian tahu tentang negara-negara tujuan TKI/TKW bisa dibagi di sini. Kalian bisa didapuk sebagai tenaga pengajar bahasa atau sekedar pemberi informasi buday tentang negara yang dituju.
  
11. Media Radio atau Televisi.
Enaknya kerja di sini kalian bisa tahu tentang dunia broadcasting. Jadi buat kalian yang ingin bekerja di dunia broadcasting, ini merupakan tempat yang tepat buat warming up atau sekedar cari-cari link. Selain itu magang di tempat ini juga bakal dapat banyak kenalan dan link orang-orang yang bahkan bekerja di bidang lain. Bekerja di radio belum tentu kalian ditempatkan sebagai penyiar, bisa jadi kalian jadi kontributor atau di bagian penyelenggaraan event. Bekerja di televisipun mungkin tak jauh beda. Jika ingin magang di stasiun TV nasional kalian harus tahu posisi yang kosong apa yang kalian tuju dan apa aja job descnya. Info lebih lanjut bisa kalian lihat di webnya (e.g NET TV, TRANS TV)

12. Penerbit Buku
Biasanya mereka akan hanya membuka lowongan magang jika memang ada posisi yang avaliable. Posisi yang ditawarkan pun tak melulu tentang kepenulisan tapi kalian juga bisa ditempatkan untuk ngurusi social media dan juga humas. Sering-seringlah untuk lihat laman web atau social media mereka untuk mendapatkan inf, dan jika perlu hubungi via telpon atau email.

13. Yayasan Sosial yang sering menerima hibah dari pihak luar negeri
Ingin magang sambil sedekah? Mungin kalian bisa magang di NGO di bidang sosial. Menurut curhatan tanteku yang bekerja di Yayasan Dinamika Indonesia, mereka kadang kesulitan ketika ada sponsor dan donatur dari luar negeri. Pihak donatur tidak ada yang bisa berbahasa Indonesia sedangkan pihak YDI tidak ada yang berbahasa Inggris, jadi komunikasi ya dilakukan seadanya aja.  Mungkin di luar sana ada yayasan-yayasan lain yang mengalami kesulitan serupa. Jadi  kalau kalian bisa bantu akan lebih baik kan?

14. Tempat Kursus Bahasa Inggris
Tempat magang satu ini cocok buat tertarik di dunia mengajar. Kalian tidak harus jadi mahasiswa pendidikan untuk magang di tempat kursus bahasa. Tempat kursus bahasa Inggris ada di hampir seluruh kota, jadi kalian bisa bebas mau magang di kota mana.

15. Konsultan Pendidikan Luar Negeri.
Sering mampir ke edufair yang menawarkan pendidikan ke luar negeri? Nah di situlah para konsultan pendidikan menawarkan jasanya. Biasanya anak magang akan di suruh untuk mencari informasi scholarship atau accommodation lewat internet. Gak jarang pula, kalian akan ditempatkan di pameran pendidikan luar negeri.

16. Perusahaan Tour & Travel
Asyiknya kerja di sini, kalian bisa berkesempatan jadi tour guide//tour leader  yang artinya kalian bisa berkesempatan untuk jalan-jalan. Bahkan jika perusahaan tour tersebut melayani perjalanan luar negeri, kalian bisa juga ikut sebagai tour leader.


17. Perusahaan Swasta / Instansi lainnya yang membuka program magang


Sekian informasi yang mungkin bisa jadi inspirasi buat kalian para internship-hunters. Kalau ada hal yang kalian ingin tanyakan don't hesitate to leave a comment below or email me :)

4 comments :

  1. kak, temen temen kakak yang magang di konsulat jendral itu gimana ya hubunginya?, i mean what is the procedure to apply there?. thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari webnya konsulat jendral yang kamu tuju. Ntar di situ biasanya akan diumukan ada lowongan atau enggak trus ntar ada cara applynya juga kok

      Delete
  2. nice articel, i need your recomendation for me..

    ReplyDelete

write your comment here :D