Follow me!!

Tuesday, 9 August 2011

Putih itu cantik...

Pernah denger kata-kata itu? Yap, those words memang aku ambil dari tagline sebuak produk kencantikan yang pastinya semua udah taulah....
Tapi jujur, aku sangat amat tidak setuju dengan tagline itu, alasannya? selain karena aku orang yang berkulit "Indonesia" banget, juga karena gak selamanya gak putih itu cantik.
Tagline ini kurasa ngebeda-bedain strata orang lewat warna kulit, apartheid lah istilahnya. Pernah aku baca dari berbagai sumber, pemikiran orang Indonesia kalau orang putih itu lebih cantik itu bawaan dari masa penjajahan Belanda. Kalo dilogika bener juga sih, kapan sih orang Indonesia dijajah sama orang berkulit gelap? gak pernah kan?
Itulah yang membuat pemikiran orang Indonesia bahwa derajat orang putih lebih tinggi daripada orang yang berkulit kayak saya. Hal ini bisa dibuktikan, gak jauh-jauh, waktu aku main ameba pico aku sengaja bikin avatar yang item banget, giginya tonggos, rambutnya awut-awutan, pokoknya aku bikin jelek deh! Trus aku pergi ke rumah salah satu temenku buat nge-ring rumahnya... kebetulan si empunya rumah ada dan lagi ngobrol sama temen-temenya. And you know what did she say 'bout my avatar?  "IIIHHHH, ADA ORANG PAPUA LEWAT...", ya ampun, perasaan orang papua ya gak sejelek avatarku kok!! segitu rasisnya sama orang papua...
Oya, sebagai catatan tuh anak waktu itu masih kelas lima SD, aku liat dari foto profilnya sih dia emang putih...

Jadi kesimpulannya, orang Indonesia itu rata-rata masih APARTHEID!! masih belum bisa bijak menerima perbedaan....

At last, aku cuma mau ngomong kalo postingan ini gak bermaksud untuk ngejelek-jelek salah satu suku tertentu. cuma mau ngingetin buat para reader kalo cantik gak selalu putih...

No comments :

Post a Comment

write your comment here :D